Makanan Tradisional Rokan Tumis Pucuk Seminyak

Pucuk Seminyak atau kadang ada juga yang menamakan pucuk semanieh, atau pucuk simanis adalah sejenis pucuk kayu yang biasa di buat sebagai sayur oleh masyarakat di melayu rokan. Sekilas melihat batang dan daunnya mirip dengan pohon melinjo atau Gnetum gnemon linn.

Gambar Pucuk Siminyak

 

Pucuk siminyak ini saat ini sudah sangat jarang di temukan di pasar, karena memang belum ada yang membudidayakannya. Pucuk siminyak ini hanya bisa ditemukan di daerah hutan, atau lahan kebun karet, yang sudah mulai memblukar. Rasa dari tumis pucuk siminyak ini sangat unik, selain rasanya yang khas yaitu terasa manis, juga kaya akan serat, dan terasa kesat dilidah ketika mengunyahnya. 
Masyarakat di melayu rokan biasanya memasak pucuk siminyak ini dengan menumisnya, sehingga caranya sangat mudah dan sederhana. Harga pucuk siminyak ini di pasar Ujungbatu  cukup tinggi dimana satu ikat pucuk siminyak bisa di jual dengan harga Rp. 3000 per ikatnya, dan jika untuk dimakan oleh 5 orang kita harus membelinya sebanyak 2 ikat, baru terasa agak sedikit puas. Selain sebagai sayur untuk dimakan dengan nasi, ternyata dengan memakan tanpa nasi terasa lebih nikmat. Jika anda melihat sayur seperti gambar di atas dijual dipasar, tidak ada salahnya anda mencobanya, dan tidak akan menyesal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTONG EKOR IKAN JUARO MENGELUARKAN BAU KOTORAN MANUSIA

SIHIR ILMU TINGGAM IKAN PARI SUNGAI ROKAN

MANCING IKAN PATIN SUNGAI ROKAN UMPAN BAKWAN

MENGENAL IKAN PERAIRAN KABUPATEN ROKAN HULU PART 1

ASAL MUASAL UJUNGBATU ROKAN

DAUN BAKUNG BISA UNTUK OBAT DAN MASAKAN