Adat Meninggikan Kuburan


ADAT TIMBUN TANAH DI UJUNGBATU
Timbun tanah adalah kegiatan menaikkan tanah kuburan yang dilakukan masyarakat ujungbatu secara adat, dimana biasanya dilakukan setelah mayat di kuburkan selama 40 hari.  Prosesi timbun tanah secara adat ini dilakukan melalui 3 tahap musyawarah, yaitu:
1.       Apek keluarga atau Rapat keluarga
Keluarga yang ditinggalkan oleh yang meninggal (ahli waris), mengumpulkan semua sanak saudara untuk bermusyawarah dengan tujuan merundingkan niat untuk meninggikan tanah kuburan yang akan dilakukan. Setelah didapatkan kata sepakat selnjutnya, hasil musyawarah ini dibawa ke tahap musyawarah yang lebih tinggi yaitu Kampung Penghulu.
2.       Kampung Penghulu atau rapat dengan seluruh mamak suku
Yaitu mengumpulkan semua mamak suku yang ada di Ujungbatu, dan ahli waris menyampaikan niat untuk mengadakan acara Timbun Tanah yang telah di sepakati dalam Apek Keluarga. Setelah ada persetujuan dari mamak suku, biasanya setiap mamak suku dimohonkan untuk mencapaikan niat Timbun Tanah ini ke seluruh cucu kemanakan nya masing masing.
3.       Kampung Suku atau Rapat Suku
Yaitu mengumpulkan semua anggota suku dari garis ibu, dan didalam pertemuan ini disampaikan niatan untuk mengadakan acara Timbun Tanah yang telah di setujui sebelumnya di dalam Kampung Penghulu. Dalam acara kampung suku ini biasa pembahasan lebih detail dan menyangkut teknis dilapangan, serta akan di bentuk kepanitiaan.

Rangkaian Kegiatan Timbun Tanah :
-          Setelah ditemukan kesepakatan barulah diselenggarakan acara Timbun Tanah sesuai hari yang telah di tentukan. Pada Hari H yang ditentukan, para laki laki kampung berkumpul pada tempat yang telah ditentukan dan secara bersama sama berangkat ke sungai untuk mengumpulkan batu dan diangkut ke kuburan yang akan dtinggikan tanahnya.
-           Kemudian batu batu yang diangkut ini di susun diatas tanah bekas liang lahat membentuk persegi panjang dengan tinggi lebih kurang 20 cm, dan didalam persegi panjang yang terbentuk selanjutnya ditimbun dengan tanah yang didapatkan di sekitar pemakaman.

-          Pada malam harinya diadakan acara tahlilan dan doa syukuran karena telah selesainya kegiatan Timbun Tanah, dan di tutup dengan makan bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTONG EKOR IKAN JUARO MENGELUARKAN BAU KOTORAN MANUSIA

SIHIR ILMU TINGGAM IKAN PARI SUNGAI ROKAN

MANCING IKAN PATIN SUNGAI ROKAN UMPAN BAKWAN

MENGENAL IKAN PERAIRAN KABUPATEN ROKAN HULU PART 1

ASAL MUASAL UJUNGBATU ROKAN

DAUN BAKUNG BISA UNTUK OBAT DAN MASAKAN