Ikan Botuik

Mungkin anda pernah melihat ikan seperti gambar di atas sesekali ada dijual di pasar Ujungbatu Rokan. Bentuknya agak meyeramkan dan seperti monster, sehingga hanya orang yang tau rasa dan khasiatnya yang berminat untuk membelinya. 
Ikan Botuik, adalah nama penyebutannya di tengah masyarakat di Ujungbatu Rokan, atau dalam bahasa indonesia di sebut ikan betutu. ikan ini juga memiliki nama latin Oxyeleotris marmorata. Dalam bahasa China Sun Hok, sedangkan dunia internasional menyebutnya marbled goby atau sand goby. 
Dipasar Ujungbatu Ikan ini kadangkala masih dalam keadaan hidup berharga Rp. 35 ribu per Kg. 
Jika anda berada di hotel berbintang ikan ini disajikan dengan Tarip menu antara Rp 250.000,00 – Rp 300.000,00 untuk satu porsi dengan ukuran 0,8 kg -1 kg. 
Ikan ini juga diminati didunia internasional karena memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, selain dari rasanya yang memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih. 
Kandungan nutrisi yang terkandung dalam ikan Botuik diantaranya berkhasiat: 
1.    Menjaga Kesehatan Kulit
Ikan Botuik kaya akan kandungan vitamin E sehingga dapat menjaga kesehatan kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini.
2.    Membantu Penyembuhan Pasca Operasi
Kandungan albumin di dalamnya mempunyai kemampuan untuk membuat jahitan pasca operasi menjadi cepat kering karena albumin berguna untuk mempercepat penyatuan jaringan kulit dan dapat menyembuhkan rasa nyeri pasca operasi.

3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat lain dari kandungan albumin yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan penyakit.

4.    Mengobati Penyakit Hepatitis
Selain itu khasiat kandungan albumin di dalamnya juga dapat mengobati penyakit hepatitis. Dengan mengkonsumsi ikan ini tubuh mampu memperbaiki hati dalam memproduksi albumin sehingga hepatitis dapat disembuhkan.

5.    Mengatasi Autis
Berbagai kandungan vitamin yang terdapat dalam dagingnya dipercaya dapat digunakan sebagai terapi para penderita autis.
Demikian sekilas tentang Ikan Botuik, sehingga tidak salahnya anda mencoba mencicipinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTONG EKOR IKAN JUARO MENGELUARKAN BAU KOTORAN MANUSIA

SIHIR ILMU TINGGAM IKAN PARI SUNGAI ROKAN

MENGENAL IKAN PERAIRAN KABUPATEN ROKAN HULU PART 1

Adat Meninggikan Kuburan

MANCING IKAN PATIN SUNGAI ROKAN UMPAN BAKWAN

MENGENAL IKAN PERAIRAN KABUPATEN ROKAN HULU PART 8