Tradisi Unik Mancing Ikan Kelabau Sungai Rokan


Ikan Kelabau atau Osteochilus Kelabau atau Osteochilus Melanopleurus berbentuk mirip dengan ikan mas, namun sisiknya lebih halus dan badan lebih langsing. Habitat ikan Kelabau ini adalah perairan sungai dan anak sungai yang alirannya deras diantara diantara tumbuhan air atau batang kayu yang terendam dalam air. Ikan Kelabau selain dijumpai di Sungai Rokan Propinsi Riau, juga terdapat di kalimantan, sumatera, sulawesi, burma. malaysia dan indochina. Untuk dipasar Ujungbatu Rokan ikan kelabau ini di jual Rp. 40 ribu sampai Rp. 50 ribu per kg, sehingga cukup tinggi nilai ekonamisnya.

Bagi para sahabat Mancing Mania, tidak adalah salahnya mencoba spot memancing Ikan Kelabau di Sungai Rokan, Karena untuk mancing Ikan Kelabau di sungai Rokan ada keunikan tersendiri, dimana untuk memancing ikan kelabau sungai rokan anda cukup membawa peralatan pancing, dan perbekalan logistik makanan minuman, jika diperlukan, sedangkan untuk umpan, khusus mancing di sungai rokan, anda tidak perlu repot membawanya, karena tersedia banyak di sepanjang jalan menuju spot memancing. Umpan yang biasanya digunakan di sungai rokan adalah berondolan buah sawit yang sangat mudah didapatkan, dan ketika sampai kelokasi spot, daging berondolan sawit di iris, dan di lekatkan di kait mata pancing. Umpan berondolan sawit ini juga bisa digunakan sebagai umpan ikan lainnya seperti, ikan kopiek, ikan lelan, ikan juaro, ikan singgaek bahkan ikan patin. 

Tradisi unik lainnya untuk memancing ikan kelabau di sungai rokan, jika anda tidak ingin pulang dengan tangan kosong, sebaiknya dilakukan pada waktu musim ikan kelabau, yang dalam setahun cuma ada 1 sampai 2 kali, yaitu sekitar menjelang bulan puasa, sampai habis lebaran idul fitri, kemudian kadangkala juga bisa juga musim di bulan bulan menjelang akhir tahun. walaupun demikian, jika anda beruntung ikan kelabau sungai rokan sebenarnya bisa dijumpai sepanjang tahun. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah, tidak semua pinggir sungai rokan bisa dijadikan ajang untuk memancing ikan kelabau, karena jenis ikan ini hanya di jumpai di spot spot tertentu. Spot yang biasa digunakan adalah spot Pecandang, Spot Kulim, Spot Sei Kuti, Spot Limau Manis, dan spot mondiang. Ciri ciri khusus untuk spot memancing ikan kelabau di sungai rokan adalah, anda harus bisa menemukan zona air sungai yang cukup dalam, dan berada di aliran yang membentuk tikungan, sehingga di seberang spot tempat memancing akan terbentuk pantai atau endapan tanah. dan ini selalu di temukan di setiap spot mancing kelabau yang di sebutkan di atas. 

Demikian sekilas keunikan mancing ikan kelabau di sungai rokan, Selamat mencoba!!!!

Foto Mancing Ikan Kelabau Spot Pecandang Desa Kembang Damai, Kunto Darussalam




Komentar

Vandi Fernandezz mengatakan…
Mantap abah shofi. Bisa menambah wawasan tentang kearifan lokal dan budaya Ujungbatu.

Postingan populer dari blog ini

POTONG EKOR IKAN JUARO MENGELUARKAN BAU KOTORAN MANUSIA

SIHIR ILMU TINGGAM IKAN PARI SUNGAI ROKAN

MENGENAL IKAN PERAIRAN KABUPATEN ROKAN HULU PART 1

Adat Meninggikan Kuburan

MANCING IKAN PATIN SUNGAI ROKAN UMPAN BAKWAN

MENGENAL IKAN PERAIRAN KABUPATEN ROKAN HULU PART 8